jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Thursday, December 15, 2011

PIKIRAN SELALU MEMBEDAKAN


Pikiran jika diaktifkan akan selalu membeda bedakan antara kaya dan miskin, rupawan dan jelek, baik dan buruk, tinggi dan rendah. Pikiran sangat pandai dalam melakukan diskripsi semacam ini. Hasil akhirnya adalah bermacam macam menu yang antara lain terdiri dari kesombongan , keangkuhan, rendah diri, berkecil hati, kecewa, iri, dendam dan lai lain. Jika anda mengaktifkan kemampuan membeda bedakan dari pikiran maka anda tinggal memilih salah satu dari menu akhir tersebut.

Dalam komunitas orang orang yang selalu mengandalkan pikirannya, apa yang disebut masyarakat intelek atau masyarakat kampus saat ini, jangan kira mereka dalam suasana Chantih yang damai dan tenang. Mereka seperti api dalam sekam. Mereka bersaing dalam hati dengan sesamanya, saling ingin melebihi, saling ingin menang saling ingin lebih pintar, mereka selalu ingin berdebat. Mereka berdansa diatas lantai kegelisahan. Yang jelas para binaragawan pikiran ini selalu gatal ingin saling menjotos dengan sesamanya. Mereka menderita dalam berbagai tingkat kesarjanaan. Menderita pada tingkat S1, menderita pada tingkat S2, S3 dan seterusnya.

. Mereka berada dalam suasana kompetitif yang konyol. Mereka terjebak dalam gua sempit yang menyesatkan. Mereka seperti katak dalam tempurung. Mereka tak mampu meraba kedamaian yang akan menjadi tempat tujuan akhir siklus Reinkarnasi. Mereka sia sia. Hanyut dalam peradaban.

Di Denpasar ada sebuah Banjar yang terdiri dari kelompok orang orang yang disebut intelek, ternyata ada yang ngodalin pagi ada yang ngodalin sore di pura. Ternyata mereka blok blokan. Karena mereka selalu merasa lebih pintar dari yang lain, mereka saling tak mau kalah. Karena mereka tidak tahu dan buta sama sekali tentang kecerdasan hati, kecerdasan yang membawa kebesaran jiwa dan hati, kecerdasan yang tenang damai dan sangat berani menerima apa adanya sehingga menghasilkan kebijaksanaan. Sedangkan pikiran cendrung cengeng, cerewet, pengecut, ingin menang sendiri dan rapuh ( vulnerable).

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...