jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Monday, September 26, 2011

WE ARE ALL HAVE BEEN DEAD MANY TIME IN LIFE.


Jadi begitulah sebenarnya tubuh dalam proses alami, bahwa kematian itu terjadi secara sangat gradatif dan halus. Bagaimana perpindahan anda dari tubuh bayi ke tubuh anak lalu ketubuh remaja, ketubuh dewasa dan seterusnya hampir tidak terasa.

Kenapa banyak orang takut mati ? Padahal dia sudah mengalaminya berkali kali dalam hidup ini juga. Mulai dari kematian bayi lalu lahirlah anak, kematian anak lalu lahirlah remaja, kematian remaja lalu lahirlah tubuh dewasa dan seterusnya. Itulah kematian kematian yang pernah kita jalani dalam hidup.

Kesadaran akan tidak ada sesuatupun yang mampu tetap bertahan konstan di alam fisik ini, atau dengan kata lain semuanya selalu berubah seperti air yang mengalir disungai.

Kesadaran itu akan membuat kita tidak perlu menoleh kemasa lalu dan menatap kemasa depan, karena hal itu akan membuat kita cemas dan menyesal. Tak ada yang perlu disesali dan dicemaskan dalam hidup ini, kecuali kalau kita memang belum memiliki kesadaran. Tidak ada yang perlu terlalu dipersalahkan termasuk diri kita sendiri dan terlalu dikagumi. Janganlah terlalu membenci kejahatan, karena kebencian itu sendiri adalah kejahatan.pula.

Tetaplah bersikap hambar terhadap kebaikan dan kejahatan. Kebaikan dan kejahatan bagai dua sisi mata uang yang sama. Biarlah hukum akan berjalan tegak untuk membuat apa yang disebut kejahatan itu kembali berjalan di rel yang bisa diterima oleh lingkungannya sebagai kebenaran. Karena kejahatan dan kebaikan itu nisbi dan relatif.

Bebaskan pikiran kita dari segala faham, pengetahuan, ingatan, kesimpulan, dogma, asumsi, kepercayaan. Semua itu sampah yang mengotori kejernihan realitas sejati.
Setiap mahluk adalah saudara kita yang senasib di Planet ini.( TATWAM ASI ) Sama sama mencari kesadaran. Sebab planet ini adalah tempat rehabilitasi kesadaran. Bukan tempat tinggal abadi, jangan pernah bermimpi untuk hidup dan tinggal selamanya di planet ini.

Orang Bali mempunyai pesan sangat bagus ”Anak Mula Keto”. Artinya janganlah semua itu terlalu di perdebatkan lagi, alam memang seperti itu. Tetaplah tenang dan damai di hati. Hidup yang sebenarnya adalah kedamaian (Canthih). Jika kita melewatkan hidup tanpa pernah merasakan betapa indah dan agungnya sebuah kedamaian maka hidup itu sama sekali tak berarti.

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...