jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Thursday, September 29, 2011

KEHIDUPAN ITU ADALAH KEHIDUPAN DNA


Setiap sel tubuh kita memiliki otoritasnya sendiri sendiri. Setiap sel memiliki kesamaan kesamaan bentukan yang berkumpul sesuai dengan kesamaan fungsinya. Hal itu disebut Jaringan. Seperti misalnya jaringan hati, ginjal, otak usus, jantung pembuluh darah dan sebagainya. Kelompok kelompok sel sel itu memiliki fungsi dan bentuk spesifik. Hampir dapat dikatakan merupakan kehidupan tingkat tersendiri yaitu kehidupan jaringan. Walaupun dalam aksinya jaringan jaringan itu saling mempengaruhi dan saling bekerja sama dengan yang lainnya. Sehingga jika satu jaringan rusak akan berdampak pada jaringan yang lainnya dalam satu lingkungan Homeostasis.

Setiap sel memilki kecerdasannya sendiri, memilki masa waktu hidup sendiri, memilki kemampuan mempertahankan diri dan berkembang biak sendiri. Segala aktivitas dan kesibukan sel itu tidak dapat kita rasakan. Sel sel itu sangat sibuk bahkan supersibuk. Berbagai lalulintas metabolisme terjadi dalam sel, yang melibatkan lebih dari 3000 jenis enzyme. Sel hampir tak pernah tidur. Tak ada kata istirahat dalam kehidupan sel. Jika sel istirahat tubuh kita Game Over.

Sebuah sel terdiri dari satu trilliun trilliun molekul (Stephen Haucking, dalam buku The Grand Design ). Sel dibungkus oleh dinding sel. Isinya terdiri dari cairan sel (Cytoplasma) dan inti sel (Nucleus). Dalam inti sel ada materi genetik yang disebut DNA.

DNA inilah sang pengendali sel. DNA sangat kecil, bahkan supermini, tapi super canggih. DNA ini berbentuk dua (2) untaian pita sejajar, yang melingkar lingkar seperti pegas atau per.( disebut bentukan Double Helix oleh Whatson dan Crics ). Seberapa besarkah untaian DNA ini ?

Jika kita mampu membelah sehelai rambut menjadi 500 helaian, maka tiap helaian rambut itu masih 5000 kali lebih besar dari untaian DNA. Begitu amat mininya helaian DNA ini. Jika kita bisa mengumpulkan seluruh DNA dari seluruh tubuh manusia di dunia ( sekitar 6 millyar manusia) dan jika kumpulan DNA itu ditimbang maka hasilnya adalah lebih ringan dari sebiji beras. Jadi dapat dibayangkan betapa supermininya DNA itu.

Lingkaran lingkaran pegas yang di bentuk DNA sangat dan amat rapat. Jika helaian satu DNA direntangkan bisa mencapai panjang 3 m. Dan jika seluruh DNA dalam satu tubuh manusia ( 60 -100 trilliun sel) direntangkan maka akan mencapai panjang 2x jarak Bumi Bulan. Itulah program kecerdasan hidup kita. Itulah kapasitas tempat menyimpan data kecerdasan kita.

Helaian helaian DNA ini dihubungkan oleh ikatan ikatan disulpida ( SS ) yang menyerupai anak anak tangga. Komponen inti yang menyusun DNA ini terdiri dari 4 macam asam inti yaitu Guanin(G), Cytosin (C), Adenin (A), Tymin (T).
Jadi 4 macam asam inti itu ( GATC )lah yang menyusun DNA. Asam inti ini saling berpasangan silang dalam misinya mensintesa protein protein dalam sel.(misalnya ATGC,ATCG,TAGC,GCAT dan sebagainya). Mirip resep resep makanan. Tapi ini bukan resep makanan biasa tetapi resep untuk mensintese protein kehidupan.

Dari ikatan silang GATC tersebut terbentuk resep resep pembuatan protein di dapur sel. Jika ikatan ikatan resep ini ditulis dalam sebuah buku maka akan memerlukan 3000 buku, dimana setiap buku mempunyai 1000 halaman. Dapat di bayangkan dalam untaian supermini itu tersimpan kode kode genetik yang begitu banyak, hampir satu gudang buku.( tulisan ini dipetik dari Kazuo Murakami seorang profesor genetika dari Jepang yang meraih hadiah Nobel di bidang genetika ). Inilah secuil rahasia alam.

Kenapa DNA begitu canggih? Apakah prilaku atom atom karbon pada DNA berbeda dengan atom karbon pada umumnya? Kalau kita menghormati sebuah atom sebagai sebuah individu zarah maka hal itu bisa dimengerti. Kecendrungan kita sehari hari adalah bersikap subyektif dan cendrung mengabaikan obyektivitas. Walaupun sebenarnya ada perbedaan individu zarah yang sangat kecil. Mungkin satu per trilliun trlliun saja. Seperti sejuta semut yang berderet kita abaikan perbedaannya. Seperti 10 000 manusia yang berkumpul di alun alun lalu kita melihatnya dari ketinggian 1 km, maka hampir kita tak tertarik untuk membedakannya.

Sel Telor (Ovum) mengandung 23 chromosom Autosom plus 2 sex chromosom X. Sel Spermatozoa 23 Chromosom Autosom plus 1X,1Y. Pembuahan akan menghasilkan 46 Chromosom Autosom plus XY untuk anak laki atau 46 plus XX untuk anak perempuan.

Penggabungan ini adalah penggabungan 2 inti sel yang di dalamnya masing masing memiliki DNA sendiri sendiri yang akan membawa segala informasi genetik dari kedua belah pihak. Informasi genetik ini meliputi segala sifat, bakat, kecerdasan, bentuk fisik, penyakit bawaan dan lain lain. Dari hasil rangkaian penyatuan ke 2 DNA tersebut akan terjadi 70 trilliun kemungkinan.

Jadi jika seluruh jumlah manusia yang telah pernah ada baik pada masa lalu maupun saat ini sudah berjumlah 70 trilliun maka barulah kemungkinan ada dua manusia yang persis sama. Jadi anda salah satu yang terpilih dari 70 trilliun kemungkinan.

Setiap saat ada ribuan lalu lintas metabolisme dalam sel, kesibukan ini bahkan melebihi kesibukan kota Tokyo. Bagaimana kita akan membantahnya kalau satu sel saja terdiri dari satu trilliun trilliun molekul. Hanya 10 % rahasia kesibukan ini terungkap oleh ilmu kedokteran. Sebagian besar lainnya masih misteri. Karena tingkat kecepatan reaksi molekul yang sulit di amati.

Jadi kita tak pernah tahu dan merasakan betapa dalam tubuh kita sendiri ada suatu kesibukan amat padat. Jika seseorang berjalan sebenarnya dia sedang menggendong millyaran kecerdasan, tak peduli apakah dia seorang sarjana atau buta huruf.

4 comments:

Bridge said...
This comment has been removed by the author.
Bridge said...

like this! ane kadang mikir, semua yang ane lakuin, sifat2, bentuk tubuh, bahkan pikiran ane sendiri dipengaruhi oleh hal-hal mini seperti itu. jadi, pada dasarnya, ane gak ada bedanya sama benda-benda lain yang juga tersusun dari atom2. bedanya, atom2 di tubuh kita bersatu dan menjalankan sebuah fungsi alam. dan ane masih sangat penasaran bagaimana proses di otak secara fisik sampe seseorang bisa berpikir dan berkhayal?

dr. I.B Sindhu SpOG said...

Bridge, maaf saya baru baca comentnya.thnaks. masih ada pertentangan hebat antara dunia neuroscience (ahli otak) dan dunia science spirit ( ahli spiritual science)tentang berfikir dan berhayal. menurut neuroscience semua itu atas prilaku sel( kita mirip computer canggih).kalau kita stroke kita tak bisa berdfikir dan menghayal. sedang spirit science itu dilakukan atas kehendak kita. tubuh kita ada 5 lapisan yg kita bisa akses sendiri yaitu lapisan fisik, emosi, intelek, kebahagiaan dan kesadaran. ok. still ???

dr. I.B Sindhu SpOG said...

Bridge, maaf saya baru baca comentnya.thnaks. masih ada pertentangan hebat antara dunia neuroscience (ahli otak) dan dunia science spirit ( ahli spiritual science)tentang berfikir dan berhayal. menurut neuroscience semua itu atas prilaku sel( kita mirip computer canggih).kalau kita stroke kita tak bisa berdfikir dan menghayal. sedang spirit science itu dilakukan atas kehendak kita. tubuh kita ada 5 lapisan yg kita bisa akses sendiri yaitu lapisan fisik, emosi, intelek, kebahagiaan dan kesadaran. ok. still ???

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...