jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Sunday, September 11, 2011

BETAPA KECILNYA BUMI DI ALAM SEMESTA


Universe adalah suatu alam yang sangat dan maha besar dibanding dengan planet bumi yang kita tinggali. Universe diperkirakan mengandung 200 Milyar Galaxy.

Galaxy terdiri dari kumpulan bintang bintang atau kumpulan Matahari Matahari. Galaxy yang paling kecil disebut Dwarf Galaxy yang mengandung rata rata 10 juta bintang/10 juta Matahari. Galaxy yang terbesar disebut Giant Galaxy mengandung rata rata lebih dari 1000 000 000 000 ( 1 trilliun) bintang.

Galaxy tempat planet Bumi kita berada namanya Galaxy Milky Way yang mengandung kurang lebih 100 000 000 000 ( 100 milyar ) bintang /Matahari.
Satu dari 100 millyar bintang itu adalah Matahari kita.

Matahari kita dikelilingi oleh planet planet seperti juga bintang bintang yang lainnya di alam semesta. Ada 8 planet yang mengelilingi Matahari kita, yang terkecil adalah Venus dan yang terbesar adalah Yuviter.

Planet Bumi kita terletak pada urutan ke 3 dari Matahari dengan jarak 150 juta km dari Matahari. Jika kecepatan cahaya 300.000 km/detik maka cahaya matahari akan mencapai bumi dalam waktu 9 menit. Besar massa Bumi 1/3000 dari besar massa Matahari sama dengan 1/1000 dari massa Planet Yuviter. Dari 8 planet tersebut sementara ini diketahui hanya planet Bumi yang dapat dihuni oleh manusia sedangkan yang lain tidak. Apakah ini suatu kebetulan saja ?.

Dapat dibayangkan betapa kecilnya planet Bumi yang kita tempati di alam semesta ini.? Hampir bagai setitik debu saja.

Kesadaran akan begitu luasnya sebuah Universe membuat kita terpana. Seakan akan eksistensi apapun yang berhasil kita capai tak ada artinya. Sehingga kesadaran ini hendaknya membuat kita terbebas dari rasa kesombongan dan keangkuhan yang irrasional. Tidak sesuatupun yang kita miliki yang pantas untuk dibanggakan dan dipuja.

1 comment:

Irmak said...

Betul Pak, kesombongan hanya refleksi dari sempitnya penglihatan dan pemahaman. Alam yg begitu luas tak tertampung oleh kapasitas dan kemampuan otak manusia yg terbatas.

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...