jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Thursday, September 15, 2011

SEMESTA MENGEMBANG




Seberapakah luas bentangan alam semesta ?. Para ahli memperkirakan diameter Universe ini sejauh 93 milyar tahun cahaya. Cahaya bergerak dengan kecepatan 300 000 km per detik,. Bayangkan berapa jarak garis tengah alam semesta kalau cahaya membutuhkan waktu tempuhnya 93 milyar tahun ?.

Umur alam semesta diperkirakan 13,7 milyar tahun, dihitung dari sejak awal terjadinya ledakan besar atau ” Big Bang ”. Jadi usianya baru 13,7 millyar tahun tapi jarak jari jari yang dibuatnya sudah 46 millyar tahun cahaya. Fenomena ganjil ini menyeret para ahli Astrofisika kepada suatu tarikan kesimpulan, mungkin alam semesta ini mengembang ?

Akhirnya Hubble dengan pengamatan teleskoop bintang di Pasadena California menyaksikan Galaxy Galaxy bergerak menjauhi bumi, dan semakin jauh jarak Galaxy tersebut terhadap Bumi semakin cepat pergerakannya menjauhi bumi .

Jadi tampaknya semesta ini mengembang dengan kecepatan melebihi 2 kali kecepatan cahaya. Apakah berarti seorang yang duduk- duduk direstoran menikmati soto ayam sedang bergerak keluar menjauhi titik sentrum Big Bang dengan kecepatan linier melebihi 600.000 km perdetik ?.

Apakah benar demikian ? Kenapa tak terasa ? Apakah pergerakan linier ini pada tingkat Galaxy ?, atau semua ukuran di alam ini ikut mengembang sehingga tak ada yang dapat dipakai pembanding kecuali ada alam semesta lain yang tak mengembang sebagai pembandingnya ?.

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...