jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Wednesday, December 9, 2009

puisi dan puisi


krishna

krishna
jadikan aku debu

tuk suburkan
rumput-rumput
yang diinjak para penyembahmu



ib sindhu
5-11-03


hari ini

kau sendiri
aku sendiri

saat ini berjalan
dari kosong, dalam kosong, menuju kosong

tak ada yang perlu diingat
tak ada yang perlu diharap
semua kan berlalu didepan kita
hari ini

ib sindhu
5-11-03



tubuh tubuh tanah

air yang kau minum
seratus tahun lalu
air bangkai busuk

udara yang kau hirup
setahun lalu
kentutnya kuda

pisang yang kau makan
enam bulan lalu
setumpuk tanah

susu yang kau minum
sehari lalu
segenggam rumput

tubuh-tubuh tanah
masihkah menggiurkan bagimu?


Ib sindhu
5-11-03










Hyang Widhi

andai ku tak mampu berjalan
ku kan merangkak menyembahmu

andai ku tak berkaki
tanganku kan selalu mencakup keatas
menyembahmu

andai ku tak bertangan
mataku kan selalu terkatup keatas
menyembahmu

andai ku tak bermata
hatiku kan selalu menggantung keatas
menyembahmu

Hyang Widhi
Engkau pemilik sejati
semuanya

hanya baktiku padamu
ku kan selalu berjuang keras
tuk tetap jadi milikku

ib sindhu
5-11-03





kasih Alllah

warnailah ucapanmu dengan kasihNya
warnailah tindakanmu dengan kasihNya
warnailah hatimu dengan kasihNya

maka cacian akan terasa pujian bagimu
maka tamparan akan terasa ucapan selamat bagimu
maka kematian bagai fajar baru bagimu

ib sindhu
6-11-03


kembali

tehnologimu
dapat saja merengkuh semesta

di ujung buntu
kau ingin kembali
menemukan Dia

kau harus merobek
ruang waktu
dengan kesadaranmu

Tuhan disini
menunggu
di kedalaman hatimu


ib sindhu
9-11-03







jika aku menangis

jika aku menangis
itu berarti aku sedang sangat mencintai MU

jika aku menangis
itu berarti aku sedang sangat merindukanMU

jika aku menangis
itu berarti aku sedang sangat berterima kasih kepadaMU

jika aku menangis
itu berarti aku sedang sangat kagum atas keagunganMU

jika aku menangis
itu berarti aku sedang menyerah di hadapan MU

jika aku menangis
itu berarti aku minta ampun atas segala ketidak tahuanku

Tuhan
biarkan aku menangis
untuk MU
selamanya


ib sindhu
13-11-03
.

dunia ini

bukit tampak indah
kerna hatimu indah

wanita tampak cantik
kerna hatimu tergoda

kau merasa terhina
kerna kau merasa beda

pukulan itu sakit
karena kau lemah

kuburan itu menyeramkan
karena kau takut

kau merasa miskin
karena kau rakus

jangan salahkan dunia
dunia ini bayangan dirimu

dunia ini akan menjadi………
terserah dirimu

penuhi dirimu dengan keindahan
maka dunia ini indah

penuhi dirimu dengan kasih
maka dunia in damai

penuhi dirimu dengan tanpa pamrih
maka dunia ini akan melayanimu

penuhi dirimu dengan tabah dan berani
maka dunia ini nyaman

penuhi dirimu dengan apa adanya
maka dunia ini ditelapak tanganmu

ib sindhu
19-11-03



dunia

karena mata kau melihat
karena telinga kau mendengar
karena lidah kau mengecap


karena tangan kau mengukur
karena pikiran kau menghitung
karena emosi kau merasa

dengan indra
pikiran
dan emosi
dunia seakan nyata

tidurlah dengan nyenyak
dunia ini pasti lenyap


ib sindhu
21-11-03


perjalanan

perjalanan ini
akan melelehkan diriku
mejadi air mata
pembasuh kaki MU

ib sindhu
25-11-03


mujizat

ketika pohon munculkan daun
ketika daun munculkan bunga
ketika bunga munculkan buah

ketika telur jadi burung
ketika ulat jadi kupu

ketika gadis jadi ibu

lalu apalagi harus diperlihatkan padamu ?
sebagai mujizat

ib sindhu
18-12-03



kebebasan


di runcing – runcing ilalang yang menusuk bulan
di kepak-kepak sayap yang mendekap teduh
di jarum –jarum gerimis yang menisik ruang
di telapak –telapak kaki yang mengendapkan penantian
di butir –butir air mata yang meneteskan kisah
di lengking – lengking nada yang sarat kerinduan

waktu telah merajut hari- hariku
menjadi lukisan jiwa
tanpa warna
yang menyalami siapa saja
serambi putih hatinya
tempat bersemayam

kebebasan
menemui sang Khaliq


ib sindhu
23-12-03


meditasi

telah kubungkus semua inginku

telah kugulung semua puasku

ku kan pergi
berjalan dalam diri

meniti abad
dan ribuan kelahiran

Selamat tinggal kepalsuan

ku kan sampai pada sukaku yang tak berwarna


ib sindhu
15 Desember. 06


kerinduan

dukaku hanyut pada matahari yang menetes di gerimis pagi
basahi kuyup masa kecilku lelap di akar akar rumput
ku bangkit menorehkan tujuh lautan warna
kureguk habis lelahku
ku tak kan berhenti mengayuh waktu
bahkan mataku menelan langit untukmu
akulah perindumu yang sangat
tuhan

Ib sindhu
17-12 06



mamuyung


samiyan wetu saking puyung
nyujuh suwung
suwunge sidhi
sakti mangileng – ngileng
sarwa klese, sarwa roga
saplar akijepan

puyunge stata bek
sing ada puyung koang
sing ada puyung lebih

kenehe ane stata koang
koang kene koang keto
makejang koang

kenehe stata renggah
mecanggah – canggah
dadi bet
awanan idupe ribet
dadi alas
awinan cening kawean

matane ngeranayang makejang ngenah
kupinge ngeranayang makejang dingeh
tegarang pules aris, gumine ilang
ento gumi kedaden
kedaden antuk pancendria
indra pangurip indriya
dalemne pitung pasih
yen bakat kobok sinah cening kelelep

suun puyunge
suwungang kayune
ida sang hyang embang
dewan suwung
mangda prasida masuluh

ditu cening lakar kepangguh
isin puyung
ane stata bek
manik astagina
sakti sakecap
sing koang apa

gumi kedaden
gumi kedaden
wetu saking suwung
ngiring mamuyung


Ib sindhu
05 – 01 – 07




nunas ica


yen semengan bungane endag
engkag di natahe
nyen ke rawuh ibi wengi ?
silib-silib
ngupak bebadihannyane

yening taluhe lekad dadi pitik
nyen ke ugi nyiksikang kampid mebulu jaum?

yen iluh bajang dadi memene
nyen ke seleg nyegsegang rare ketengah basangne ?

apa buin yukti ane ketagih
nyihnayang kawicesan ida sang kawi

de ajum, de jumbuh
bantes mara nawang abesik dadua

patutne iraga sesai mekakeb
baan tendase stata merasa baat
galantingin antuk bakti

patutne iraga sesai ngeling
ngetelang yeh mata merasa gula
manis kaumbah bakti
anggen ngewasuh padan ida sang kawi

ngiring mebakti, ngiring mebakti
bakti ring prahyangan
bakti ring pawongan
bakti ring palemahan
mangda prasida polih nunas ica
buka acepe, buka dote uli imalu
apang payu pada saling makenyung
ngajak nyama braya
sesai


Ib sindhu
05 – 01 - 07

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...