jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Thursday, December 3, 2009

kekerasan menghalangi kejernihan Pawongan




Kekerasan adalah wajah lain dari ketakutan tersembunyi.

Kelemahan, kurang pede melahirkan kecemasan. Kecemasan melahirkan ketakutan. Ketakutan melahirkan kecurigaan. Kecurigaan melahirkan kekerasan. Jadi kekerasan berasal dari orang orang yang lemah

Kekerasan terhadap lingkungan dan orang lain adalah proyeksi dari kekerasan terhadap diri sendiri. Kekerasan pada diri sendiri bisa berwujud workakholic, perokok berat, peminum alkohol berat, masturbasi pathologic.

Kekerasan seksual, kekerasan rumah tangga, dan penebangan hutan habis habisan adalah kekerasan yang diproyeksikan keluar.

Pamer kekayaan, kekuasaan dan gelar adalah bentuk kekerasan yang tersamar. Pada orang orang seperti itu Sang Kedamaian tak akan pernah membayang.

Ketakutan yang tersembunyi jauh dalam dirinya memacu mereka membangun benteng untuk menutupi kelemahannya, yang kadang kadang membabi buta dan irasional sehingga merugikan pihak yang lain.

Keberanian itu damai. Keberanian itu lembut. Keberanian itu tak perlu benteng diluar diri. Bumi ini membutuhkankan para pemberani, berani lahir, berani hidup dan berani mati.

Orang orang pengecut akan selalu merusak diri sendiri dan lingkungan karena ia selalu menutupi kepengecutannya dengan menindas yang lain, merusak yang lain , baik secara tersamar maupun nyata.

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...