jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Tuesday, November 15, 2011

TRI KAYA PARISUDHA ADALAH TIGA SENJATA UTAMA


Tri artinya tiga, Kaya artinya modalitas ( senjata). Parisudha artinya sudah sempurna adanya. Jadi Tri kaya parisudha adalah tiga modalitas sempurna. Ketiga modalitas itu adalah Kayika ( perbuatan), Wacika ( ucapan) dan Manacika ( piliran). Ketika Pikiran, ucapan dan perbuatan dirakit sedemikian rupa bagai anak panah yang lurus dan linier, maka jika anak panah itu dibidikkan kekosmik mana saja di alam semesta ini pasti akan membuahkan hasil.

Ketika pikiran, ucapan dan perbuatan konsisten dan teguh menuju suatu tujuan maka pasti akan sampai pada tujuan itu. Ini rahasia kosmik

Karma memerlukan konsistensi yang konsisten terhadap Tri Kaya Parisudha (tetap utuhnya pikiran, ucapan dan perbuatan pada garis linier) maka barulah karma akan mewujud dalam kenyataan. Alam dan hukum hukum alam akan menset dirinya sendiri untuk anda. Alam akan menjawab semua itu. Karena hukum Hindhu menyatakan bahwa makrokosmos dan mikrokosmos identik. Jika anda selalu berfikir baik, berucap yang baik dan berbuat yang baik, dan konsisten untuk selalu berada pada garis itu maka pastilah anda akan selalu baik baik saja. Itu garansinya 100 %. Itulah rahasia karma.

Dengan demikian orang Bali tak pernah menyesali hidupnya yang sekarang betapapun pahitnya karena ini hasil dari karma masa lalunya. Sebaliknya ini akan mendorong dia melakukan karma yang lebih baik demi masa depannya. Sudah sangat nyata bahwa jika anak anak anda tidak bersekolah maka akan sulit mendapat pekerjaan yang layak di kemudian hari. Sudah sangat nyata jika seorang suami setiap hari mabuk dan pergi ke kafe maka istrinya dalam 10-15 tahun akan besar kemungkinan menderita kanker serviks atau mengidap HIV.

Kita adalah momentum yang sedang berevolusi dalam Brahman. Vektor resultante dari momentum karma. Cuma vektor ini bukanlah sebuah garis lurus seperti pada gambar 2 dimensi. Tapi sekumpulan set set hukum pengetahuan yang bekerja sedemikian rupa untuk menciptakan realitas dengan presisi yang sangat akurat dan spesifik untuk masing masing tiap individu.

Pikiran, ucapan dan perbuatan adalah energy yang jika disatukan pada sebuah titik bidikan, akan menjadi sangat dahsyat. Pikiran, ucapan dan perbuatan adalah tiga modalitas senjata Tri Sula yang akan menerbangkan anda pada level yang anda inginkan. Baik di dunia ini maupun kemana anda akan terbang setelah kematian. Ketiga senjata ini adalah alat satu satunya untuk membangun karma anda.

Selalulah setia kepada ketiganya dalam rangka menuju perbaikan kualitas hidup ( increased life). Hal ini memerlukan latihan disiplin dan keteguhan. Anda tak bisa membohongi orang lain tanpa terlebih dahulu membohongi diri sendiri. Membohongi diri sendiri adalah menolak kualitas tiga senjata ini. Lama lama ketiga senjata ini ( pikiran, ucapan dan perbuatan) menjadi tak ampuh lagi. Anda tak akan ampu terbang sesuai dengan keinginan anda. You will falling down in decreased life

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...