jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Sunday, November 6, 2011

NAK MULA KETO


Apa sih masalahnya kalau anak bodoh tidak naik kelas ?. Apa sih masalahnya orang malas bekerja hidupnya menjadi miskin ?. Apa sih masalahnya orang sakit bisa mati ?. Apa sih masalhnya orang lama lama menjadi tua ?.

Masalahnya karena anda terlalu mempermasalahkan. Masalahnya Anda terlalu sering menciptakan masalah masalah. Akibatnya hidup menjadi penuh dengan hutan masalah, dengan berbagai agenda masalah yang menumpuk setiap saat.

Setiap hari sejak mulai bangun pagi anda telah menyusun agenda masalah yang harus anda pecahkan, tuntaskan atau selesaikan. Kalau tidak ada masalah, maka anda membuat permasalahan baru yang anda sebut dengan nama kerennya ”kreativitas ”.

Kenapa sih anda suka membuat masalah ? Kenapa anda tak bisa hidup tanpa masalah ?. Kenapa anda tak suka bergaul dengan keheningan ?. Kenapa anda selalu mengusir keheningan dan anda menghujatnya dengan isitilah ” kesepian ” ?.

Kreativitas adalah sebuah bentuk mental yang bernama lainnya ” ketidak puasan ”. Suasana hati yang tak pernah berkecukupan tak akan pernah tahu arti bersyukur. Hati yang selalu berlari, berpacu, menuju suatu impian yang anda sering sebut dengan masa depan.

Penyakit pobhia terhadap keheningan adalah sering diidap oleh mereka yang tak mempunyai rasa berkecukupan hati. Esok semoga lebih baik, esok lagi akan lebih baik lagi, esok lagi esok lagi dan esok lagi. Sampai kapankah anda akan terus berlari ?. always escape ?.

Kenapa anda selalu membenci hari ini, selalu tidak suka dengan hari ini ?. Tidak ingin memandangnya walau hanya sejenak dan merasakan auranya. Tak ingin diam tenang dan bercengkrama dengannya barang sesaat. Begitu burukkah yang bernama hari ini ? Sehingga anda tak ingin beristirahat sejenak untuk menikmatinya ?

Anda selalu terburu buru, membawa setumpuk agenda yang anda sebut dengan memuju masa depan ?. Benarkah anda akan berjumpa dengan masa depan ?. Yang begitu cantik dan menawan .

Ketika anda mempunyai uang 1000 dollar, bulan depan anda ingin 100 000 dollar, bulan depannya lagi 1 juta dollar. Ketika uang anda sudah 10 juta dollar anda berjanji akan menikmati santai, menikmati hari ini. Tapi ketika uang anda sudah 10 juta dollar, apa yang terjadi ?. Saya sangat yakin anda tidak bertambah santai, tapi sebaliknya semakin gelisah dan sibuk dengan berbagai agenda dan rencana. Maka ” hari ini” anda akan terbengkalai. Anda semakin jauh terlempar dari keheningan. Anda semakin jauh dari rasa ketenangan. Itukah yang anda sebut masa depan ?.Dunia ini menjadi semakin kacau balau, ledakan laju penduduk, global warming, hiv aids, korupsi dan kemiskinan dan sebagainya, semua itu merupakan hasil akhir dari sebuah faham yang bernama ” masa depan ”

Tenang, diam, hening dan berkecukupan hati, maka anda cendrung tidak rajin memproduksi masalah. Anda cendrung tidak kreatif dan tidak produktif menciptakan masalah. Anda menjadi simple. Orang Bali menyebut ” Nak Mula Keto”. Artinya memang alam ini begitu adanya. Jangan membuat banyak masalah lagi. Alam tak memiliki masalah apa apa, anda sendiri yang membuat masalah. Selalulah berkecukupan hati, dan nikmati hari ini. Itulah orang bersyukur. Nak Mula Keto. Anjing memang menggonggong, ayam memang berkokok, harimau mengaum dan kambing mengembik. Lalu apa masalahnya.?

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...