jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Wednesday, November 9, 2011

APAKAH PENGETAHUAN ITU ?


Dewi Saraswati adalah simbul dewa pengatahuan dalam Hindhu. Saras artinya mengalir. Wati atau Wedha artinya pengetahuan. Jadi pengetahuan itu mengalir terus tanpa henti sepanjang waktu. Pengetahuan itu selalu ada (always available).

Kita adalah bagai ikan ikan yang berenang dan hidup dalam sungai pengetahuan, kita selalu terendam oleh pengetahuan. Sekarang tergantung pada anda apakah ingin mengambil dan menikmatinya apa tidak. Itu memerlukan indra yang lain yang bernama kesadaran. Do you want to catched it up or no ?

Pengetahuan adalah apa yang diketahui, apa yang belum diketahui, apa yang akan diketahui dan apa yang tidak akan pernah diketahui. Alam ini gudangnya pengetahuan. Setiap detik pengetahuan menghampiri kita.

Siapa yang mau belajar kapan saja, kepada siapa saja dan tentang apa saja, maka dialah sejatinya yang menangkap tarian sang maha dewi, yaitu Dewi Saraswati. Pengetahuan itu ada untuk dunia dan ada untuk di balik dunia.

Pengetahuan dunia hanyalah untuk dunia. Bagaikan arus arus sungai, banyak mereka yang hanyut dalam arus arus tersebut. Mereka yang belajar botani terlalu mendalam maka mereka akan hanyut dalam arus tersebut. Begitu juga mereka yang belajar terlalu mendalam pada berbagai bidang lainnya, baik fisika, kimia, biology, kedokteran dan lain lain mereka adalah orang orang yang terhanyut dalam arus pengetahuan tertentu. Mereka tak bisa melihat lautan pengetahuan.

Meditasi adalah membuang semua pengetahuan itu, berenang ke tepian dan keluar dari arus. Lalu naik kedaratan. Bernapas lega dan aman. Dari sana menyaksikan arus arus sungai pengetahuan yang deras, mengahnyutkan siapa saja dalam kehidupan.

Pengetahuan juga bagai pisau bermata dua. Pengetahuan adalah senjata. Meditasi adalah dengan membuang semua pengetahuan itu sehingga tanpa senjata. Berjalan tanpa senjata berarti berjalan dalam kedamaian. Tanpa cemas akan musuh, karena musuh tak akan mendatangi orang tanpa senjata. Orang yang selalu membawa senjata adalah orang yang ketakutan.

Pengetahuan dunia hanyalah akan menimbulkan perdebatan perdebatan akademik saja. Dengan membuang semua yang dianggap pengetahuan duniawi itu, maka dalam meditasi kita akan terbawa kepada ketenangan yang dalam, kedamaian nan agung. Pengetahuan adalah tembok penghalang untuk bisa melihat keSunyataan. (the thrue reality). Karena keSunyataan berada dibalik tembok pengetahuan duniawi.

Dewi saraswati adalah simbul semua pengatahuan, baik pengetahuan yang sudah diketahui, akan diketahui, belum diketahui dan tak akan pernah diketahui. Juga simbul pengetahuan tanpa pengetahuan.

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...