jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...

Tuesday, January 10, 2012

REALITAS PERASAAN


Perasaan adalah peristiwa kimia.

Perasaan mempunyai lapisan tersendiri pada tubuh kita (Emotional sheat). Rangsangan terhadap perasaan akan menimbulkan diproduksinya molekul molekul kimia yang sangat halus dalam tubuh kita sesuai dengan jenis perasaan yang timbul.

Ketika seseorang duduk berdampingan dengan pasangan yang dicintainya maka timbul perasaan tenang dan senang, itu karena rangsangan itu memicu terbentuknya molekul molekul kimia yang spesifik dan khas dalam tubuh. Melekul molekul kimia ini sangat halus dan beragam tergantung suasana perasaan. Salah satunya yang dapat dideteksi saat ini namanya Endorphin dan reseptor reseptornya. Molekul molekul kimia yang lebih halus dibanding Endorpin belum dapat dideteksi dengan penasah kimiawi karena waktu paruh ( half lifenya) sangat singkat.

Tapi jika pasangannya itu pergi meninggalkannya akan menyebabkan rasa marah ,sedih, kecewa, frustasi, kesepian dan sebagainya karena dalam tubuhnya tercipta molekul molekul kima tertentu yang merupakan kebalikan dari Endhorpin seperti Epineprin, Adrenalin dan sebagainya. Zat zat ini dapat menyebabkan tubuh menjadi sakit, tak ingin makan, tak bisa tidur dan sebagainya. Apabila zat zat ini memberikan paparan yang berkepanjangan ( kronis) terhadap tubuh, lama kelamaan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dengan akibat timbulnya penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner (PJK) atau stroke. Oleh karena itu janganlah memelihara rasa dendam, marah, sedih, kecewa dan putus asa.. Harus berusaha tabah dan ikhlas. Kalau ingin tetap sehat dan panjang umur. Hal ini jelas termuat dalam Alquran dan juga buku buku suci agama yang lain.

Jadi perasaan itu hanyalah peristiwa peristiwa kimia saja, maka kitalah yang memilih peristiwa mana yang menguntungkan dan peristiwa mana yang dibuang karena merugikan tubuh .

Jadi betapa pentingnya kita senang dan bahagia untuk kesehatan kita. Selalulah bersyukur dan berkecukupan hati. Rupanya alam memberi sign bahwa kehidupan itu bertujuan untuk bahagia. Dengan kata lain se olah olah alam berkata ” bahwa kehidupan akan dapat bertahan lama kalau anda lebih sering berada dalam suasana bahagia dan jika tidak akan terjadi sebaliknya.”.

Sampai sekarang ilmu kedokteran belum sepenuhnya mampu mendeteksi atau menapis zat zat atau molekul kimia yang ditimbulkan oleh berbagai jenis perasaan atau sebaliknya yang menimbulkan perasaan. Karena molekul molekul kimia tersebut sangat halus dan mempunyai waktu paruh sangat cepat.

No comments:

jasa arsitektur rumah dan desain villa, klik disini...